Mitsubishi Garap Thailand dan RI untuk Jualan Mobil Listrik MiEV

0
1552
Minicab listrik Mitsubishi MiEV - dok.Istimewa

Bangkok, Mobilitas – Mitsubishi Motors Thailand segera menjajakan minivan (minicab) listrik di Thailand dengan membidik segmen pasar komersia yakni sektor logistik dan operator layanan transportasi. Pabrikan asal Jepang itu akan memamerkan 20 model mobil listrik di hajatan Bangkok International Motor Show 2022 yang akan berlangsung 23 Maret.- 3 April nanti.

Seperti dilaporkan Bangkok Post, Jumat (18/3/2022), President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Thailand, Eiichi Koito, menyebut pihaknya melihat peluang di segmen kendaraan listrik untuk bisnis logistik. Hal itu, kata dia, menyusul pertumbuhan e-commerce yang telah mendorong layanan pengiriman barang di Negeri Gajah Putih.

“Kami tertarik dengan pasar mobil listrik Thailand yang diperkirakan akan tumbuh lebih besar, karena mengikuti kebijakan promosi kendaraan listrik oleh pemerintah. Apalagi, pemerintah juga menyediakan paket insentif kepada pembuat mobil dan pembeli mobil mobil listrik, untuk meningkatkan permintaan,” papar Koito.

Minicab Mitsubishi MiEV – dok.Sekretariat Presiden

Mobil listrik yang akan dipasarkan Mitsubishi di Thailand itu adalah minicab listrik Mitsubishi i-MiEV. Tetapi, ternyata tidak hanya di Thailand saja mobil setrum itu bakal dijajakan, tetapi juga di Indonesia.

“Informasi yang kami terima adalah, Mitsubishi Motors di Indonesia akan melakukan uji coba penggunaan kendaraan itu untuk keperluan penyediaan daya listrik untuk berbagai kebutuhan baik di rumah tangga maupun kantor. Selain itu, juga sebagai kendaraan operasional maupun sarana penunjang kegiatan bisnis (sektor logistik,” papar kolega Mobilitas di Kementerian Perindustrian saat dihubungi di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Mitsubishi Indonesia, kata dia, akan memperkuat ekosistem dari kendaraan listrik dengan cara memperbanyak kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengelaborasi manfaat mobil listrik yang diproduksinya. Dengan pemahaman akan manfaat itu, diharapkan permintaan mobil listrik juga terus meningkat.

Presiden Joko Widodo saat mencoba mengemudikan Mitsubishi MiEV – dok.Sekretariat Presiden

“Bagi Mitsubishi, pasar mobil komersial dirasakan sangat cocok untuk kendaraan listrik. Karena, kendaraan listrik itu secara kalkulasi bisnis pemanfaatannya lebih menguntungkan. Mobil pertama yang akan disodorkan adalah minicab Mitsubishi i-MiEV. Tapi kapannya belum dipastikan,” imbuh pejabat Kemenperin itu.

Minicab MiEV itu telah diperkenalkan Mitsubishi Motors Indonesia di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, pada Agustus 2021 lalu. Bahkan Presiden Joko Widodo juga telah melihat dan mengemudikan mobil tersebut. (Vto/Aa)