Mitsubishi XForce Pakai Mesin dan Transmisi XPander, Tapi Lebih Joss Karena Ini

0
48
Mitsubishi Xforce - dok.Mobilitas

Magelang, Mobilitas – Mitsubishi XForce merupakan SUV kompak anyar Mitsubishi Motors yang menggunakan mesin dan transmisi milik saudaranya, Mitsubishi Xpander.

Ihwal penggunaan dua komponen penting yang sama milik Mitsubishi Xpander oleh Mitsubishi XForce tersebut, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsucida yang ditemui Mobilitas di sela acara test drive Mitsubishi XForce di Semarang, Kamis (7/12/2023) memberi alasannya.

“Jadi mengapa kita gunakan engine dan transmisi Xpander, karena Mitsubishi Xpander itu memupynuai reputasi yang sangat bagus di negara-negara Asia Tenggara dan negara lain dimana mobil ini dipasarkan. Dan ketangguhan, performa kenyamanan dan ketangguhannya diakui terbukti bagus. Sehingga, dengan platform yang terbukti bagus itu, maka kita pakai meski ada penyesuaian-penyesuaian untuk digunakan oleh SUV yaitu Mitsubishi XForce,” papar Tsucida.

Product Planning MMKSI, Ngabehi Marzuq, yang ditemui Mobilitas di rangkaian acara tes drive tersebut di Magelang, Jumat (8/12/2023) menjelaskan, mesin Xpander telah terbukti mumpuni dan tangguh. Tingkat endurance-nya pun juga terbilang oke.

“Tetapi di XForce ini ada tunning khusus, dimana besaran puncak torsinya meningkat. Sehingga, sangat berguna saat kita berkendaraan di jalan perkotaan maupun ketika di lintasan yang sulit. Ini sesuai dengan karakter SUV sejati,” papar pria yang akbar disapa Bei itu.

Mesin Mitsubishi XForce – dok.Istimewa via Bloomberg Technoz

Sementara soal ubahan pada sistem transmisi, Bei menjelaskan Mitsubishi melakukan ubahan pada pattern transmisi agar bisa memberikan driving feeling mengemudi SUV. Transmisi Continously Variable Transmission (CVT) itu bahkan bisa menbdeteksi jalan yang dilewati oleh mobil, dan sekalighus memberikan respon dengan cepat.

“Misalnya, ketika mobil diajak melintasi jalanan menanjak maka tenaga yang disalurkan ke roda meningkat 25 persen lebih besar, meskipun pengemudi tidak menginjak pedal gas dalam-dalam. Karena transmisi secara otomatis mendeteksi kondisi lintasan itu,” jelas Bei.

Begitu pula ketika mobil melintas di jalanan menurun, transmisi secara otomotis mengurangi tenaga yang dusalurkan ke roda menurun hingga 10 persen. Ini sangat membantu pengemudi dalam melakukan engine brake, sehingga berkendara lebih aman.

Selain mesin dan transmisi, perangkat sistem suspensi Mitsubishi XForce juga menggunakan racikan khusus. Terlebih ban yang digunakan ukurannya juga lebih besar ketimbang Xpander.

“Suspensi ini di-tunning khusus, sehingga lebih nyaman, lebih stabil, tetapi tidak menghilangkan karakter sebuah SUV. Terutama ketika mobil diajak bermanuver, kestabilan mobil tetap terjaga,” imbuh Bei. (Aa)