Penjualan Mobil di India 2023: Suzuki Merajai, Toyota Dibungkam Hyundai dan Kia

0
1249
Toyota Innova Hycross, salah satu mobil yang dijual Toyota di India - dok.Istimewa via Team-BHP.com

New Delhi, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga September 2023 ini, Maruti Suzuki menguasai 42,2 persen pangsa pasar mobil di Negeri Sari itu.

Data Organisasi Masyarakat Industri Otomotif India (SIAM) dan Vahan yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (12/11/2023) menunjukkan sepanjang sembilan bulan pertama 2023 itu, jumlah mobil yang terjual di India mencapai 3.084.464 unit.

Jumlah ini meningkat 8,2 persen dibanding total angka yang dibukukan seluruh pabrikan atau merek mobil yang menjajakan produknya di negara itu, selama periode sama pada 2022.

Fakta data juga menyebut, pada Januari – September itu, Suzuki (melalui Maruti Suzuki) melego 1.300.685 mobil. Jumlah ini setara dengan 42,2 persen dari total penjualan seluruh pabrikan, dan meningkat 9,2 persen dibanding periode sembilan bulan pertama di 2022.

Membuntuti Suzuki, di urutan kedua terdapat Hyundai Motor yang berhasil menjual mobil sebanyak 454.749 unit, atau 14,7 persen dari total penjualan seluruh merek. Penjualan pabrikan asal Korea Selatan ini meningkat 8,9 persen dibanding periode sama di tahun lalu.

Hyundai Alcazar di India – dok.Evo India

Sementara, pabrikan dengan penjualan terbanyak urutan ketiga di daftar lima besar adalah Tata Motors. Pabrikan lokal India ini berhasil melego 412.987 mobil atau 13,4 persen dari total jumlah penjualan mobil yang dibukukan semua pabrikan.

Kemudian di urutan keempat ada Mahindra yang juga dari India, dengan total penjualan sebanyak 314.141 unit atau 10,2 persen dari total penjualan mobil di negara berpenduduk 1,425 miliar jiwa tersebut. Dan di posisi kelima terdapat Kia Motors yang berhasil menjajakan 195.351 mobil buatannya.

Total penjualan mobil Kia itu setara dengan 6,3 persen total penjualan mobil. Adapun Toyota, yang merupakan pabrikan terbesar di Jepang, tak masuk daftar lima besar.

Toyota hanya ber4hasil menjual 162.252 mobil buatannya dengan pangsa pasar 5,3 persen. Dia tak hanya kalah jauh dengan Suzuki, tetapi juga dibungkam Hyundai dan Kia dalam hal penjualan di negara terbresar di kawasan Asia Selatan tersebut. (Jrr/Aa)