Mobilitas.id
No Result
View All Result
  • Mobility
  • Bisnis
  • Model Baru
  • Tips
  • Pedia
  • Sosok
  • Mobility
  • Bisnis
  • Model Baru
  • Tips
  • Pedia
  • Sosok
No Result
View All Result
Mobilitas.id
Home Mobility

PT KAI Gandeng Dukcapil Kemendagri, Penumpang Dapat Manfaat Ini

Arif Arianto by Arif Arianto
03/02/2022
in Mobility
A A
0
PT KAI Gandeng Dukcapil Kemendagri, Penumpang Dapat Manfaat Ini

Ilustrasi, menumpang kereta api kelas eksekutif - dok.Mobilitas

Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Mobilitas – Setelah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, kini PT Kreta Api Indonesia (PT KAI) menggandeng Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Tujuannya, untuk semakin mempermudah dan mempercepat layanan kepada pelanggan. Tujuannya, untuk semakin mempermudah dan mempercepat layanan kepada pelanggan.

Jika dengan Kemenkes untuk mengintegrasikan sistem ticketing KAI dan aplikasi Peduli Lindungi sehingga calon penumpang akan dengan mudah menjalani prosesi keberangkatan, dengan Ditjen Dukcapil mempercepat layanan kepada pelanggan dengan berbasis data Single Identity Number (SIN). Karena data-data itu dimiliki oleh Dukcapil.

Kerjasama tersebut diteken kedua belah pihak di Jakarta, Rabu (2/2/2022) oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Akhmad Sudirman Tavipiyono.

Calon penumpang kereta api tengah menunggu di peron – dok.Mobilitas

Menurut Didek, dengan kerjasama itu, layanan kepada pelanggan akan semakin cepat dan mudah, sehingga prosesi pendataan calon penumpang muali dari ticketing sampai dengan kedatangan maupun masuk ke peron stasiun akan sangat mudah dan mulus.

“Sebab, proses verifikasi dan validasi pelanggan KAI akan secara cepat dilakukan melalui melalui pemanfaatan NIK, Data Kependudukan, dan KTP-el,” kata dia saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Dengan demikian, calon penumpang juga akan merasa nyaman. Mereka tidak akan terburu-buru dan merasakan ribet dengan proses verifikasi yang dilakukan petugas PT KAI, terlebih di tengah kebijakan penegakan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan virus corona yang kini masih terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air.

Kereta Api – dok.Istimewa

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan mulai 3 Januari 2022, PT KAI kembali menerapkan aturan bagi pelanggan Kereta Api sesuai SE Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021. Salah satu persyaratan bagi calon penumpang yang akan berangkat – sesuai dengan peraturan itu adalah, bagi calon penumpang dengan usia di atas 12 tahun, wajib vaksin minimal dosis pertama.

“Jika belum dapat divaksin karena alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter spesialis atau dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin,” kata Joni yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Sedangkan untuk calon penumpang dengan usia di bawah 12 tahun, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen yang berlaku 1×24 jam dan didampingi orang tua. Untuk tes itu bisa dilakukan di area di setiap stasiun.

Calon penumpang kereta api menjalani tes antigen di stasiun sebelum berangkat – dok.Mobilitas

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2021 kemarin PT KAI telah melayani 23.022.715 penumpang. Jumlah itu melorot 27% dibanding tahun 2020 yang sebanyak 31.537.898 pelanggan, sehingga kini perseroan terus berupaya meningkatkan layanan untuk menggaet pelanggan. (Jap/Aa)

Tags: bisnis kereta api Indonesiakereta api Indonesiakerjasama PT KAI dengan Ditjen Dukcapilkerjasama PT KAI dengan Kemendagrikerjasama PT KAI dengan Kemenkeslayanan PT KAIPT KAIPT Kereta Api Indonesia
Previous Post

Mitsubishi Satu-satunya yang Moncer Saat Penjualan Mobil di Jepang Ambles

Next Post

Nissan Jual 4 Juta Mobil di Dunia, Ambrol 47,6% di Indonesia

Arif Arianto

Arif Arianto

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Next Post
Versi Anyar akan Hentak Dunia, Nissan Terra Merana di Indonesia

Nissan Jual 4 Juta Mobil di Dunia, Ambrol 47,6% di Indonesia

No Result
View All Result

Recent Posts

  • Produksi Capai 7,78 Juta Unit, Cina Jadi Produsen Mobil Listrik Terbesar di Dunia
  • Bulan Akhir Tahun Saat Tepat Beli Mobil? Begini Faktanya
  • All New Mitsubishi Triton Raih Peringkat Tertinggi Tes Tabrak ASEAN NCAP
  • Ingat Jangan Sembarang Nyalakan Lampu Hazard Meski Hujan Lebat, Ini Bahayanya
  • Joss, Januari – November 2023 Penjualan Mobil Chery Melonjak 47,8 Persen
Mobilitas.id

© 2021-2023 Mobilitas.id

Navigate Site

  • About
  • Contact Us
  • homepage
  • newhome
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

Follow Us

No Result
View All Result
  • About
  • Contact Us
  • homepage
  • newhome
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy

© 2021-2023 Mobilitas.id