September Tahun Ini, Penjualan Mobil Toyota ke Konsumen Indonesia Anjlok

0
1101
Ilustrasi, Toyota Raize - dok.Toyota Astra Motor

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang bulan kesembilan tersebut Toyota tercatat masih menjadi pabrikan dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (19/10/2023) menunjukkan, selama bulan September itu, jumlah mobil Toyota yang terjual ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 25.928 unit. Jumlah ini anjlok atau berkurang hingga 4.221 unit dibanding total angka penjualan ritel selama bulan Agustus yang sebanyak 30.149 unit.

Namun, tak hanya dibanding bulan Agustus atau bulan sebelumnya di 2023 saja penjualan ritel selama September itu jeblok, tetapi juga dibanding bulan yang sama pada 2022. Sebab, fakta berbicara, total angka penjualan ritel yang berhasil diraup Toyota melalui PT Toyota Astra Motor sepanjang bulan September 2022 mencapai 31.190 unit.

Ilustrasi, Toyota Corolla Cross hybrid – dok.Istimewa

Artinya, total penjualan ritel yang dikantongi Toyota Indonesia pada bulan September tahun ini anjlok atau berkurang sebanyak 5.262 unit. Anjloknya jumlah penjualan ini cukup signifikan, terlebih di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung 10 – 20 Agustus lalu, Toyota telah menyodorkan sejumlah model baru antara lain Toyota All New Alphard, Toyota All New RAV4 GR Sport PHEV, dan Toyota GR Corolla.

Meski, tak bisa dimungkiri, total penjualan ritel mobil (yang dibukukan seluruh model dari semua pabrikan di Tanah Air) pada bulan September itu juga merosot, yakni hanya 80.972 unit. Jumlah ini ambles 6,3 persen dibanding bulan Agustus yang sebanyak 99.986 unit dan 15,1 persen dibanding September tahun lalu yang masih mencapai 95.426 unit. (Din/Aa)