Gempur Asia, Ducati Multistrada V4 Meluncur di India

0
1207
Ducati Multistrada V4 - dok.Rider Magazine

New Delhi, Motoris – Pabrikan motor asal Bologna, Italia – Ducati Motor SpA – terus bergerak menjajakan motor adventure Ducati Multistrada V4 ke berbagai wilayah atau negara yang dinilai potensial menjadi pasar. Setelah gerakan merambah ke berbagai negara Eropa dan Amerika dilakukan, kini Ducati membidik Asia.

Seperti dilaporkan laman Newsbytes dan Team-BHP, Senin (5/7/2021) motor yang secara global pada November 2020 lalu, itu akan diluncurkan di bulan Juli ini. Kabarnya menjelang akhir bulan.

Jika India dibidik yang pertama kali, itu sangat beralasan. Negeri dengan penduduk terpadat kedua di dunia – setelah Cina – dengan jumlah 1,38 miliar jiwa ini merupakan pasar motr terbesar kedua sejagat. Penggemar kendaraan bermotor roda di Negeri Sari ini juga bejibun.

Ducati di negara tersebut telah menebar teaser peluncuran motor tersebut di akun media sosialnya. Meski belum menyebut jumlah varian yang akan ditawarkan ke konsumen berikut harganya.

Panel Cluster Ducati Multistrada V4 – dok.Autocar

Namun diduga tak bereda dengan negara-negara lain yang telah diserbunya, konsumen India diperkirakan juga bakal mendapatkan pilihan tiga varian. Mereka adalah, varian V4, V4 S dan V4 S Sport.

“Varian S Sport akan dilengkapi dengan knalpot titanium oleh Akrapovic, spatbor depan karbon dan akan hadir dalam livery Sport. Kecuali trim standar, motor ini hadir dengan Suspensi Ducati Skyhook semi-aktif, yang kini memiliki fungsi auto leveling,” tulis Team-BHP.

Hanya, soal harga belum ada informasi. Tetapi, sebagai ancar-ancar saat diluncurkan pada November 2020, motor ini dibanderol mulai US$ 19.999 atau sekitar Rp 289,46 (kurs US$ 1= Rp 14.473,9).

Paras Ducati Multistrada V4 – dok.TopSpeed

Hadapi BMW R1250 GS
Multistrada V4 akan bersaing dengan BMW R1250 GS, yang juga akan diluncurkan di India pada bulan Juli ini. Keduanya disebut memiliki daya pikat yang kuat

Ducati Multistrada V4 menggunakan sasis monocoque dan dilengkapi tangki bahan bakar dengan lekuk berotot, jok yang ditingkatkan kenyamanannya, serta windshield yang bisa disetel tingkat ketinggiannya.

Motor ini dilengkapi konsol instrumen digital, sistem pencahayaan full LED, pelek 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Pengeremannya menggunakan cakram di kedua roda yang diimbuhi eranti Antilock Braking System (ABS) dual-channel.

Dudukan rak di Ducati Multistrada V4 – dok.Hepco&Becker

Sederet fitur canggih penyokong keamanan dan kenyamanan berkendara juga disematkan padanya. Mulai dari wheelie control, vehicle hold control, adaptif cruise control, hingga blind spot detection, dan lain-lain.

Varian standar dilengkapi garpu yang dapat disetel sepenuhnya di roda depan dan monoshock yang dapat disesuaikan di belakang. Sedangkan untuk varian S dan S Sport memiliki sistem Suspensi Ducati Skyhook dengan fungsi auto-levelling.

Pengendara Ducati Multistrada V4 – dok.Istimewa

Semua varian mengusung mesin 1.158cc, berpendingin cairan, V4 Granturismo yang menghasilkan tenaga 168 hp pada putaran mesin 10.500 rpm dengan torsi puncak 125 Nm pada 8.750 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan gearbox manual enam tingkat percepatan. (Swe/Aa)