Honda ADV 160 Meluncur di RI, Ini Keunggulan yang Disajikan

0
1247
Honda ADV160 Tough Matte Red - dok.AHM

Jakarta, Mobilitas – PT Astra Honda Motor (AHM) New Honda ADV160 dalam dua tipe, yaitu tipe ABS dan tipe CBS, serta enam pilihan warna. Masing-masing tipe dibanderol Rp 36 juta dan Rp 39,65 juta on the road Jakarta.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyebut skutik ini semakin bertenaga berkat penggunaan mesin baru 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus). Selain itu, gaya desain bodi juga mengalami perubahan.

”New Honda ADV160 kini hadir semakin tangguh, bertenaga, dan juga nyaman untuk dikendarai. Kontur dan kondisi jalanan di Indonesia yang beragam menjadi poin tersendiri untuk kesenangan berkendara bagi pengendara yang gemar menjelajah, AHM berusaha menemani konsumen agar dapat menikmati kondisi beragam jalan yang ada di Indonesia dengan jaringan layanan yang masif hingga pelosok negeri,” papar Loman dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Bodi samping belakang mempunyai penampang lebih lebar dan bodi samping depan didesain semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki lebih luas. Seiring dengan ubahan tersebut, volume bagasi juga menjadi lebih besar yakni 30 liter, atau naik dua liter dibanding model sebelumnya.

Peluncuran Honda ADV 160 – dok.AHM

Ketinggian jok juga direvisi, sehingga kini hanya 780 mm atau lebih rendah 15 mm dari model sebelumnya. Sementara ground clearance lebih tinggi yakni 165 mm dan windshield dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian, sehingga menjadikan kenyamanan berkendara meningkat.

Suspensi depan diklaim lebih kokoh serta penyematan wavy disc brake 240mm pada roda depan dan 220 mm pada roda belakang. Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan.

Model terbaru Honda ADV ini menggunakan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran 110/80 R14 pada bagian depan. Adapun ban belakang berukuran 130/70 R13.

Mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI diklaim mampu menyemburkan tenaga 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 NM pada 6.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya (BBM) juga disebut irit.

Hasil pengujian internal AHM dengan metode WMTC-EURO 3 menunjukkan konsumsi bahan bakar berada di angka 45 km/liter (fitur ISS on). Dengan demikian, jika tangki BBM terisi penuh, motor ini sanggup menempuh jarak sejauh 364 kilometer.

Honda ADV160 Tough Matte Black – dok.AHM

Sederet fitur canggih disematkan Honda padanya. Ternmasuk HSTC (Honda Selectable Torque Control) untuk tipe ABS.

Terdapat pula fitur ACG starter yang menjaga mesin tetap halus saat dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Dan yang tidak kalah penting adalah fitur ESS (Emergency Stop Signal). Dengan fitur ini lampu hazard akan menyala di saat pengendara melakukan pengereman mendadak, sehingga menghindarkan potensi tabrak dari belakang. (Tan/Aa)