Ingat Sebelum Balik dari Mudik Cek Komponen Radiator Mobil, Rawan Bermasalah

0
660
Mobil yang mengalami overheat alias suhu mesin melebihi ambang batas - dok.RAC.co.uk

Jakarta, Mobilitas – Umumnya, komponen tersebut di mobil yang telah berusia di atas 10 tahun rawan bermasalah ketika kendaraan itu diajak menemouh perjalanan jauh.

Menurut Kepala Mekanik Javana Motor, Batu Ceper, Tangerang, Nuril Huda, jika salah satu dari komponen itu bermasalah maka mesin akan mengalami overheat. Dan jika mesin mengalami masalah itu, maka mobil akan mogok.

“Mesin yang overheat sangat menyusahkan. Karena kalau pun radiator diisi cairan lagi maka dalam waktu dekat atau mobil berjalan dalam beberapa kilometer, masalah itu akan muncul lagi,” ungkap Nuril yang dihubungi Mobilitas, Kamis (11/4/2024).

Dia menyebut, pengalaman dari sejumlah pemilik mobil yang menjadi langganan bengkelnya, mobil dengan usia di atas lima tahun mengalami seperti itu, padahal saat berangkat hingga tiba di kampung halaman saat mudik tidak ada masalah.

Selang pendinginan dari radiator ke mesin – dok.Motor Trend

“Ini terjadi pada mobil yang pemiliknya pede (percaya diri) komponen di radiator tidak masalah atau karena tidak sempat dan lupa,” kata Nuril.

Bahkan tidak jarang usia mobil belum sampai puluhan tahun, lanjut Nuril, juga terjadi masalah seperti itu. Sebab, usia bukan jaminan.

Komponen-komponen tersebut bisa aus sebelum waktunya atau lebih cepat dari rancangan yang diterapkan karena kondisi lingkungan sekitar mobil itu berada.

“Bahkan, cara perlakuan pemilik terjhadap mobil pun bisa menyebabkan terjadinya kerusakan komponen. Misalnya, saat mencuci, dilakukan pencucian mesin dengan disemprot dan diberi shampo mobil, tetapi tidak bersih membilasnya. Selain itu membiarkan tetesan oli atau cairan kimia lain,” ujar Nuril.

Tutup radiator harus dipastikan kondisinya masih baik atau tidak sebelum menempuh perjalanan jauh – dok.Istimewa via Linkedin

Sedangkan ciri-ciri mobil yang akan mengalami overheat mesin, biasanya terasa ketika temperatur mobil tiba-tiba meningkat dari standar normal, dan AC tiba-tiba mati. Hal ini dikarenakan kipas yang mati.

Sementara, penyebab overheat itu bisa dikarenakan adanya kebocoran pada radiator, pompa air, dan selangnya. Bahkan karena tutup radiator yang sudah tidak bisa mengunci tekanan air radiator, karena karet pelindung yang sudah aus.

“Oleh karena itu, sebelum balik ke tempat tinggal setelah mudik ke kampung halaman cek semua komponen itu. Mulai dari tutup radiator, selang radiator, motor kipas pendingin. Dan yang tidak boleh tertinggal, amati apakah ada kebocoran cairan radiator. Jika ada masalah segera bawa mobil ke bengkel,” tandas Nuril. (Jrr/Aa)