Ini Lima Kota Termacet di ASEAN, Jakarta Nomor Dua

0
1531
Kemacetan lalu-lintas di Jakarta - dok.GoodStats

Jakarta, Mobilitas – Kemacetan terjadi seiring dengan meningkatnya tingkat mobilitas masyarakat setelah redanya pandemi Covid-19.

Peningkatan mobilitas terjadi di hampir semua kota di dunia, tidak terkecuali di Asia Tenggara atau ASEAN. Data riset dari perusahaan pengembang perangkat teknologi penunjuk lokasi elektronik atau Global Positioning System (GPS) asal Belanda,TomTom 2022 yang dikutip Mobilitas, Rabu (22/2/2023) menyebut kota Manila sebagai kota termacet di kawasan ini.

Dibutuhkan waktu 27 menit untuk menempuh jarak 10 kilometer di ibukota Filipina itu. Manila menempati posisi pertama kota termacet di kawasan.

Jakarta menempati urutan kedua. Waktu yang dibutuhkan rata-rata mencapai 22,67 menit.
Kemudian di Bangkok,Thailand, dibutuhkan waktu rata-rata 20,67 menit.

Mereka disusul Singapura dan Kuala Lumpur, dimana waktu untuk menempuh jarak 10 kilometer rata-rata mencapai 16,5 menit dan 16,17 menit. “Riset kota termacet di Asia Tenggara ini merupakan bagian dari riset yang dilakukan TomTom terhadap kondisi lalu-lintas di 389 kota di 56 negara,” bunyi keterangan TomTom.

Kemacetan lalu-lintas yang parah di Jakarta sebelum pandemi Covid-19 – dok.FactsofIndonesia.com

Soal kemacetan di Jakarta yang telah menjadi persoalan klasik di Jakarta, Direktur Institut Transportasi (Instran) Dedy Herlambang yang dihubungi Mobilitas beberapa waktu lalu mengatakan ada tiga penyebabnya. Pertama, tidak seimbangnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor dengan tingkat pertambahan panjang jalan.

Jumlah kendaraan terus bertambah seiring dengan kemudahan untuk membeli yang diberikan pemerintah melalui insentif pajak. Sedangkan pertambahan panjang jalan hanya 0,01%.

“Kedua, pemerintah tidak tegas dalam pengendalian penggunaan kendaraan pribadi karena berbagai alasan. Dan ketiga kemauan dan kesadaran masyarakat untuk beralih ke angkutan umum masih minim karena dirasa belum murah, aman, dan nyaman,” papar Dedy. (Jap/Aa)