Januari – Agustus, Penjualan Global Hyundai Merosot 3,8%

0
1455
Ilustrasi, logo Hyundai - dok.Carwale

Seoul, Mobilitas – Semester satu tahun ini Grup Hyundai menjual terbanyak ketiga di dunia.

Data Otoritas Transportasi Federal Jerman (KBA) dikutip Mobilitas, Jumat (2/9/2022), menunjukkan selama Januari – Juni atau semester pertama tahun ini Grup Toyota menjadi pabrikan dengan penjualan terbanyak di dunia. Disusul Volkswagen dan Grup Hyundai.

Total penjualan Grup Hyundai (Hyundai Motor dan Kia Motors) saat itu mencapai 3,299 juta unit. Posisi Hyundai melompat dari kelima di tahun lalu, menjadi ketiga.

Namun, merek Hyundai saja, di periode Januari – Agustus tahun ini ternyata penjualannya melorot 3,8%. Data penjualan Hyundai yang dikutip Yonhap, Jumat (2/9/2022) memperlihatkan total penjualan yang diraup di delapan bulan tahun ini 2.544.681 unit.

SUV kompak Hyundai Creta yang diproduksi di Indonesia – dok.Mobilitas

Sedangkan,  di periode sama tahun lalu, total penjualan mencapai 2.644.649 unit. Padahal, pabrikan mobil terbesar di Korea Selatan ini mematok target penjualan sepanjang 2022 harus mencapai 4,32 juta unit, naik dari tahun lalu yang sebanyak 3,89 juta unit.

Untuk memacu penjualan di semster kedua tahun ini, Hyundai akan memacu penjualan mobil listrik murni (BEV) Ioniq 6 dan beberapa model lainnya. Mobil setrum itu diluncurkan pada April lalu. (Vto/Aa)