Lamborghini Miura SV, Kejayaannya Masih Membekas Hingga Kini

0
454
Lamborghini Miura P400 SV - dok.Istimewa via Ultimatecarpage

Bologna, Mobilitas – Lamborghini Miura adalah salah satu supercar sohor di dunia, berkat racikan jantung mekanis, desain, serta fitur yang mumpuni di eranya. Nama Miura kian mencorong, ketika pabrikan pembuatnya – Automobili Lamborghini SpA – melahirkan versi lanjutannya yang bernama Miura SV.

Lamborghini memperkenalkan Miura pada tahun 1966. Model pertama – yang disebut P400 – dibekali mesin V12 mid-engine yang menyemburkan tenaga hingga 350 hp dengan formasi dua tempat duduk.

Miura diproduksi dalam rentang waktu tujuh tahun, dalam beberapa versi model. Namun model paling sohor adalah Miura SV yang diluncurkan pada Maret 1971.

Lamborghini Miura SV – dok.Istimewa via The Speed Journal

Seperti dilansir laman resmi Lamborghini, belum lama ini, kehadiran Miura SV dalam waktu singkat kondang di seantero dunia. “Dia menjadi yang terbaik dari semua versi Miura yang diproduksi, karena menyuguhkan ekspresi tertinggi dari konsep supercar pada masanya,” sebut pabrikan asal Italia itu.

SV memang berbeda dengan model-model sebelumnya, baik secara teknis maupun estetika. Dia menyandang mesin V12 4.0 liter dengan letupan tenaga hingga 385 hp dan torsi 400 Nm.

Sasisnya diklaim lebih rigid, dan suspensinya direvisi. Sejalan dengan ubahan itu, ban yang digunakan juga berubah, yakni depan dan belakang berbeda ukurannya.

Interior bagian depan Lamborghini Miura SV – dok.Istimewa via Autoevolution

Pelek diperbesar, dari semula berukuran 7 inci menjadi 9 inci. Ini selaras dengan ukuran spatbor belakang yang diperbesar.

Dengan serangkaian ubahan teknis ini, handling Miura SV jauh lebih baik. Para penggemar supercar pun melontarkan banyak pujian untuknya.

Ubahan lainnya adalah alis di sekitar lampu depan yang dibuat lebih sederhana ketimbang pendahulunya. Lagi-lagi, ubahan ini berbuah pujian dari banyak orang.

Tampilan belakang Lamborghini Miura SV – dok.Istimewa via Petrolicius

Keunggulan lain yang hingga kini masih dikagumi adalah, performanya. Secara resmi, mobil ini mampu melesat hingga 290 kilometer per jam. Bahkan jarak 1 kilometer dicapai dalam tempo waktu 24 detik.

Kinerja yang impresif itu masih dinilai paling mengesankan.Itulah catatan emas yang masih berkilau untuk Lamborghini Miura SUV di ulang tahun emasnya – 50 tahun – pada Maret tahun 2021 ini. (Arf))