Luar Biasa, Penjualan Sepeda Motor Listrik Meroket di India

0
1422
Ilustrasi, sepeda motor listrik di India - dok.Livemint

New Delhi, Mobilitas – Tahun 2021 lalu, India merupakan negara berpolusi tinggi kelima di dunia.

Hasil riset IQAir 2021, India tingkat polusi udara di India (kualitas udara PM 2.5) tidak hanya berasal dari emisi sektor industri dan rumah tangga semata, namun dari transportasi.

Maklum, sebagai negara dengan jumlah penduduk 1,38 miliar jiwa (menurut Biro Sensus Amerika Serikat dan OECD PBB 2021), negeri ini menjadi pasar motor terbesar kedua di dunia.

Lantaran itulah, pemerintah India berupaya mengurangi tingkat polusi dengan mendorong penggunaan kendaraan elektrifikasi, termasuk sepeda motor. Ternyata, hasilnya lumayan.

Ilustrasi Skutik listrik di India – dok.Smartprix

Data New Resources Insitute (NRI) yang dikutip Mobilitas, Rabu (14/9/2022) menunjukkan sepanjang Januari – Juli tahun ini penjualan sepeda motor listrik di Indonesia mencapai 285.135 unit. Jumlah ini meroket 232% dibanding penjualan yang dibukukan selama periode sama tahun lalu.

“Meskipun jumlah penjualan sepeda motor listrik tersebut masih 3,3% dari total penjualan bermotor roda dua (yang sebanyak 8.714.440 unit (Januari – Juli), namun tren dari waktu ke waktu terus bergerak ke arah positif,” bunyi keterangan NRI.

Sementara lembaga riset Mordor Intelligence, dalam paparan hasil risetnya menyebut nilai sepeda motor listrik di India sepanjang tahun 2021 lalu mencapai US$ 1,14 juta. (Swe/Aa)