Luncurkan All New Yaris Ativ di Thailand, Toyota Setop Produksi Vios

0
1534
Toyota All New Yaris Ativ yang diluncurkan di Thailand - dok.Istimewa

Bangkok, Mobilitas – Toyota Motor di Thailand resmi meluncurkan sedan All New Yaris Ativ bermesin 1.2 liter.

Pernyataan Toyota, Selasa (9/8/2022) menyebut Toyota Yaris Ativ (yang di beberapa negara termasuk Indonesia, dikenal sebagai Vios) anyar ini merupakan generasi keempat. Dia menggunakan platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sedan ini – dan untuk pertama kalinya – dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). Tetapi, Toyota Thailand hanya menawarkan satu varian di pasar dalam negeri, yakni varian bermesin 1.2 liter Dual VVT-i empat silinder. Mesin tersebut menyemburkan tenaga 94 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.400 rpm.

Tenaga dikirim ke roda menggunakan CVT. Semua tipe All New Yaris Ativ itu hadir dengan rem cakram di keempat roda.

Desain model anyar ini mengusung gaya fastback yang mengesankan gaya Corolla Altis atau bahkan Camry. Parasnya lebih tampang, lampu depan lebih ramping dengan gril yang diperbarui, serta air intake bawah (di bumper depan) yang lebih masif.

Toyota Vios di Thailand – dok.Istimewa

Seiring hadirnya All New Yaris Ativ ini, Toyota Motor Thailand mengakhiri produksi Toyota Vios yang bermesin 1.5 liter. “Toyota mengakhiri produksi sedan kompak empat pintu Vios,” kata Executive Vice President Toyota Motor Thailand, Surasak Suthongwan, seperti dikutip Thailand Posten, Selasa (9/8/2022).

Ternyata, di Thailand selain ada sedan Toyota Yaris Ativ juga ada Toyota Vios, dua mobil berbeda tetapi bermain di pasar yang sama yakni sedan B-segment. Ini terlihat dari data penjualan Federasi Industri Thailand (FTI) yang dikutip Mobilitas, Rabu (10/8/2022).

Data menunjukkan, Januari – Juni tahun ini Toyota Vios hanya terjual 1.829 unit. Sementara, Honda City laku sebanyak 10.714 unit, Toyota Yaris Ativ 10.648 unit, Mazda 2 sedan 7.511 unit, MG 5 sebanyak 7.044 unit, dan Nissan Almera 5. 654 unit. Kemudian Mitsubishi Attrage laku 2.544 unit, dan Suzuki Ciaz 1.058 unit. (Din/Aa)