Mercedes Recall Ratusan Ribu SUV di AS, Gegara Transmisi dan Rem Bermasalah

0
209
Mercedes-Benz GLE 450 Model 2023 - dok.Youtube

Washington, Mobilitas – Mobil yang ditarik (recall) adalah Mercedes-Benz GLE 450 dan GLS 450 yang merupakan model buatan tahun 2020 – 2023.

Keterangan resmi Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA) dalam situs resminya yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (29/2/2024) menyebut jumlah total Mercedes-Benz GLE 450 yang di-recall mencapai 32.308 unit. Mobil ini ditengarai mengalami masalah pada sistem transmisi yang tiba-tiba loss atau kehilangan daya.

Dalam laporannya ke NHTSA, Mercedes-Benz menyatakan masalah tersebut mulai terendus pada Maret 2022, meski belum bisa diidentifikasi akar masalahnya. Setelah Mei 2023 dilakukan investigasi mendalam, akhirnya ditemukan petunjuk bahwa ketika pengemudi mobil tersebut memindahkan gigi transmisi dari tujuh ke enam, ternyata posisi gigi tidak berpindah.

Lebih dari itu, mesin mobil justeru mati. Sehingga, dikhawatirkan terjadi tabrak dari belakang oleh kendaraan lain. Meski, sejatinya pengemudi bisa langsung menyalakan lagi mesin mobil dengan cepat.

Mercedes-Benz GLS 450 model 2023 – dok.Istimewa

Sementara, SUV Mercedes-Benz GLS 450 yang ditarik jumlahnya mencapai 72.763 unit. Mobil ini ditengarai mengalami masalah pada pedal rem, sehingga ketika pengemudi melakukan pengereman ternyata mobil masih melaju kencang.

“Akibat dua masalah tersebut, mobil berpotensi mengalami kecelakaan dan membahayakan bagi pengemudi mobil maupun orang lain di sekelilingnya,. Jumlah mobil yang di-recall secara keseluruhan 105.071 unit,” bunyi pernyataan NHTSA.

Namun, lembaga itu menyebut hingga kini tidak ada laporan yang menyatakan telah terjadi kecelakaan akibat permasalahan tersebut. Meecedes-Benz di Negeri Paman Sam itu juga berjanji akan melakukan perbaikan perangkat lunak di sistem transmisi, serta sistem pada pedal rem mulai 16 April nanti.

Perbaikan dilakukan tanpa memungut biaya dari pemilik mobil. (Din/Aa)