Truk Pemadam Ayaxx Berbanderol Rp 3,95 Miliar, Ini Keunggulannya

0
915
Truk Damkar Ayaxx berbasis sasis Mercedes-Benz 2526 - dok.Mobilitas

Tangerang, Mobilitas – PT Pundarika Atma Semesta (Ayaxx), perusahaan spesialis karoseri truk pemadam kebakaran memerkan karyanya di GIIAS 2022.

Truk pemadam api kebakaran yang diboyong ke hajatan di ICE Serpong, Tangerang, itu adalah truk jenis Fire Truck Twin Agent. “Truk ini memiliki kapasitas air sebanyak 10.000 liter dengan foam atau busa hingga 1.000,” kata Factory Manager Ayaxx, Waluyo Hadi, saat ditemui Mobilitas di arena GIIAS 2022, Jumat (19/8/2022).

Dengan dua media – yakni air dan foam – maka, kekuatan dalam mematikan api juga lebih cepat. Karena karakter kimiawi busa yang melokasir api agar tak menjalar kemana-mana.

Terlebih, truk yang menggunakan sasis Mercedes Benz 2526 ini memiliki pompa yang besar, dengan kapasitas semprotan hingga 5.500 liter per menit pada tekanan 10 bar. Sehingga, pemadaman bisa dilakukan dengan cepat.

“Jadi, untuk jarak semprotan horisontal bisa sampai sejauh 70-80 meter, untuk semprotan ke arah vertikal bisa sampai 50-60 meter,” tutup dia.

Fire Truck Twin Agent ini dibanderol Rp 3,95 miliar. PT Pundarika Atma Semesta yang berdiri sejak tahun 1996 ini melakukan karoserinya di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Truk Damkar Ayaxx di GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

Waluyo menyebut, kendaraan pemadam kebakaran Ayaxx ini menggunakan komponen kondang dengan kualitas tinggi. Fire pump misalnya, menggunakan produk WS Darley dari Amerika Serikat dengan standardisasi ISO 9001 dan UL (Underwriters Laboratories).

“Truk damkar ini sudah kami ekspor ke beberapa negara, termasuk yang baru ke Timor Leste. Selain digunakan oleh lembaga pemerintah di pusat maupun pemerintah daerah, juga perusahaan-perusahaan tambang,” ujar

Selain Mercedes-Benz, perusahaan ini juga menggunakan sasis truk yang ada di pasaran lokal Indonesia. Misalnya Hino, Isuzu, MAN, Mitsubishi Fuso, UD Truck, Scania, dan Volvo.

Selain Fire Truck Twin Agent yang dipamerkan di area dalam ICE, dua unit lainnya dipamerkan di luar ruangan. Masing-masing berkapasitas 4.000 liter yang dibanderol Rp1.8 miliar, dan berkapasitas 6.000 liter dihargai Rp2.5 miliar. (Din/Aa)