Honda akan Luncurkan SUV Anyar di India, Elevate Namanya

0
1195
Teaser, SUV baru Honda bernama Honda Elevate - dok.Istimewa via Autocar India

New Delhi, Mobilitas – Sampai saat ini, Honda Motor di India hanya menjual Honda City dan Honda Amaze.

Kedua model itu ditawarkan dalam wujud sedan, meski Honda City juga ada pilihan hatchback.Honda di Negeri Sari itu masih belum menyuguhkan SUV baru, setelah Honda WR-V diesel diakhiri penjualannya beberapa waktu lalu.

Namun, kini kabar terbaru yang dilaporkan Autocar India, belum lama ini, menyebut Honda Motor akan meluncurkan SUV anyar. “Crossover (SUV) baru ini akan diluncurkan pada 6 Juni nanti, untuk mengisi segmen B,” tulis Autocar.

Belum ada keterangan resmi dan rinci soal jati diri soal mobil itu. Siapakah gerangan sejatinya SUV itu, apakah diproduksi di India atau diimpor dari negara lain seperti Thailand, Indonesia, atau bahkan Jepang.

Autocar memperkirakan mobil itu berdimensi panjang 4,2 meter hingga 4,3 meter. Kemungkinan besar berbagi platform dengan Honda City.

Logo Honda – dok.Reuters

“Dia kemungkinan akan menggunakan mesin i-VTEC 1.5 liter naturally-aspirated yang juga digunakan di City. Sehingga semburan tenaganya diperkirakan sekitar 121 PS dengan torsi 145 Nm dan dilengkapi transmisi manual atau CVT 6 kecepatan,” sebut media itu.

Tetapi, yang pasti, apapun jatidiri SUV tersebut, tentu akan menjadi amunisi baru Honda untuk menggempur pasar negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia itu. Terlebih, penjualan Honda di empat bulan pertama tahun ini masih landai-landai saja.

Data Asosiasi Industri Otomotif India dan Autopunditz yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Sabtu (6/5/2023) menunjukkan, sepanjang Januari – April, total angka penjualan yang diraup Honda India masih 25.726 unit.

Angka itu dibukukannya pada Januari sebanyak 7.638 unit, Februari 6.086 unit, Maret 6.689 unit, dan April 5.313 unit. (Din/Aa)