Rishi Sunak, PM Inggris Pengoleksi VW Golf hingga Jaguar XJ

0
1405
Rishi Sunak - dok.The Times

Jakarta, Mobilitas – Rishi Sunak terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris, 24 Oktober lalu.

Pria keturunan Punjabi, India, yang lahir di Southampton, Inggris, 42 tahun lalu itu, menjadi PM Inggris pertana berdarah Asia, khususnya India.  Ayahnya seorang India yang lahir di Kenya, dan ibunya juga berdarah India lahir di Tanzania kemudian hijrah ke Inggris.

Sunak menikahi Akshata Murty, putri Narayan Murthy, pendiri perusahaan teknologi asal India, pada tahun 2009.  Dengan menggeluti dunia bisnis bersama istrinya, Rishi Sunak yang sebelumnya menjabat Menteri Keuangan semasa pemerintahan PM Boris Johnson itu, kini tercatat sebagai orang terkaya di Inggris urutan ke-222.

Mobil VW Golf milik Rishi Sunak yang dipakainya untuk kegiatan sehari-hari sebelum menjadi Perdana Menteri – dok.Istimewa via Mirror.co.uk

Sunak, dalam laporan Mirror.co.uk, 4 April lalu dan dikutip Mobilitas, Senin (7/11/2022) disebut saat menjabat Menteri Keuangan mengaku hanya memiliki mobil hatchback VW Golf model 2019 untuk kegiatan sehari-hari. Namun, sumber lain yang diwawancarai media itu mengatakan, VW Golf itu hanyalah salah satu dari empat mobil yang dimiliki Sunak.

Tiga lainnya merupakan mobil mewah. Mereka adalah Land Rover Range Rover Santinel, Land Rover Discovery, dan Jaguar XJL keluaran terbaru.

Rishi Sunak dengan Land Rover Range Rover tunggangannya – dok.Mirror.co.uk

Bahkan, Sunak disebut juga memiliki BMW Seri 7 dan SUV Lexus yang terparkir di garasi rumahnya yang berada di California, Amerika Serikat. Sekadar informasi, sebelum Sunak terjun ke dunia politik, istrinya sempat berkarir di Negeri Paman Sam di bidang finansial.

Sunak saat itu juga menjadi seorang pebisnis. Alumni jurusan Filsafat, Politik, dan Ekonomi Universitas Oxford itu – menurut Sunday Times Rich List – bersama istrinya memiliki kekayaan senilai US$ 825 juta. (Swe/Aa)