Ini 10 Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia

0
1660
Bus double decker di Hong Kong - dok.New York Times

California, Mobilitas – Sarana transportasi yang efisien tidak hanya terlihat dari murahnya ongkos, tetapi juga waktu tempuh yang tepat waktu.

Keterangan hasil riset Oliver Wyman Forum dan University of California, Amerika Serikat, yang dikutip Mobilitas, Senin (20/2/2023) menyebut masyarakat sangat membutuhkan moda transportasi yang berbiaya murah dalam bermobilitas sehari-hari. Terlebih jika mereka harus menggunakan beberapa kendaraan alias berganti dari satu moda ke moda lain.

Begitu pula dengan waktu tempuh yang tidak lama. Sebab, orang pasti sangat menginginkan perjalanan yang relatif singkat atau tidak berlama-lama di jalan.

Faktor ketiga adalah kenyamanan dan keamanan. Unsur ini bukan hanya soal kondisi kendaraan yang layak untuk ditumpangi semata, tetapi juga cara menjangkaunya yang mudah dan terkoneksi dengan kendaraan lain di satu tempat yang terpadu.

“Oleh karena interkoneksi di antara moda-moda transportasi dengan titik awal yang sama atau terpadu merupakan faktor kunci pertama dalam menyediakan layanan transportasi yang nyaman dan aman, efisien dalam waktu maupun biaya,” bunyi keterangan hasil riset itu.

Kereta Api Sleeper di London – dok.Istimewa

Umumnya kota-kota yang memiliki jaringan sarana transportasi yang terbaik adalah kota yang memiliki area terpadu yang dinamakan TOD (Transit Oriented Development). TOD adalah adalah pada konsep perencanaan kota yang terintegrasi dengan menggabungkan sistem transportasi, tempat tinggal, area komersial, ruang terbuka, dan ruang publik.

Tujuan konsep TOD itu adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Mulai dari berjalan kaki, sepeda, maupun moda transportasi umum.

Berikut 10 kota di dunia yang memiliki sarana transportasi umum terbaik versi Oliver Wyman Forum dan University of California (berdasar perolehan poin terbesar):
1. Hong Kong, Cina (77,2 poin)
2. Zurich, Swiss (73,2 poin)
3. Stockholm, Swedia (73,0 poin)
4. Singapura (72,4 poin)
5. Helsinki, Finlandia (70,9 poin)
6. Oslo, Norwegia (67,0 poin)
7. Tokyo, Jepang (66,2 poin)
8. Paris, Prancis (66,0 poin)
9. Berlin, Jerman (64,9 poin)
10. London, Inggris (64,0 poin). (Jrr/Aa)