Tak Laku, Agya Dicoret dari Daftar Dagangan Toyota di Vietnam

0
1801
Toyota Agya atau disebut Toyota Wigo di Vietnam - dok.Istimewa

Hanoi, Mobilitas – Mobil murah asal Indonesia ini bersaing ketat dengan Kia Morning dan Hyundai Grand i10.

Namun, seperti dilaporkan laman PV Xe Traffic, yang dikutip Mobilitas, Rabu (31/8/2022), sejak awal Agustus tahun ini nama Toyota Wigo (yang di Indonesia bernama Toyota) Agya itu tidak tercantum lagi di daftar produk pada situs resmi Toyota Vietnam.

“Umumnya, jika sebuah produk tidak ada lagi di daftar biasanya akan atau telah dihentikan penjualannya,” tulis media itu.

Sejatinya, kabar bakal disetopnya penjualan Toyota Wigo di Negeri Paman Ho itu sudah lama berhembus. Maklum, sejak awal tahun 2022, mobil ini sepi dari peminat.

Toyota Vietnam tidak mengkonfirmasi soal kabar penjualan mobil tersebut. “Tergantung pada setiap waktu, karena kami mempertimbangkan strategi dan portofolio produk yang tepat. Kami tidak ingin berkomentar soal ini dan akan memberi informasi resmi pada saatnya nanti,” kata Juru Bicara Toyota.

Toyota Agya – dok.Istimewa

Data di Asosiasi Produsen Mobil Vietnam (VAMA) menunjukkan sepanjang Januari – Juli tahun 2022 ini, Toyota Wigo hanya laku 488 unit. Selama bulan Juni dan Juli lalu, penjualannya nihil alias kosong.

Padahal, di saat yang sama, para pesaingnya masih membukukan penjualan yang lumayan. Mereka antara lain VinFast Fadil terjual 10.332 unit, Hyundai Grand i10 laku 6.304 unit, Kia Morning 3.242 unit, dan Honda Brio 1.948 unit. (Din/Aa)