Ferrari Langka J50 Dilelang di Jepang, Harga Rp 51,6 Miliar

0
683
Ferrari J50 yang hanya dibuat 10 unit - dok.Carscoops

Tokyo, Mobilitas – Sebagai pabrikan penghasil supercar yang diidam-idamkan orang di berbagai belahan dunia, Ferrari SpA sangat piawai memainkan minat para penggemarnya. Salah satu strategi yang dimainkan oleh pabrkan mobil asal Maranello, Italia, ini adalah membuat edisi khusus dari model-model ikonik yang dihasilkannya.

Dan ternyata trik itu tokcer. Sebab, edisi khusus itu umumnya dibuat dalam jumlah terbatas dengan sentuhan desain khusus yang membedakan dari model yang menjadi basis atau dasarnya.

Salah satu contoh edisi khusus yang diminati pecinta dan kolektor mobil berlambang kuda jingkrak itu adalah Ferrari J50. Mobil ini dibuat dengan basis Ferrari 488, sebagai penanda peringatan 50 tahun kehadiran merek itu di Jepang, yang notabene kandangnya pabrikan mobil kondang dunia.

Tampilan samping Ferrari J50 – dok.Carscoops

Mobil edisi khusus itu hanya dibuat 19 unit pada tahun 2016 lalu. Namun, yang kini beredar di dunia dan dimiliki konsumen hanya 10 unit.

Seperti dilaporkan laman Carscoops, Sabtu (12/6/2021) satu di antara 10 unit itu ada di Jepang. Saat ini pemilik berniat melegonya, melalui mekanisme lelang.

Mobil ini mengusung mesin yang sama dengan yang diusung Ferrari 488, yakni V8 twin-turbo 3.9 liter. Meski, untuk versi edisi khusus ini mendapatkan settingan spesial.

Interior bagian depan atau kokpit Ferrari J50 – dok.Carscoops

Mesin ini sanggup ehingga menyemburkan tenaga hingga 681 hp yang dirim ke roda belakang. Transfer tenaga itu menggunakan transmisi kopling ganda tujuh tingkat percepatan.

Tampilannya, yang pasti dibuat berbeda. Menariknya, untuk tampilan ini bisa dipesan oleh calon pembeli sesuai dengan keinginannya alias cutomized. Tentu dengan harga yang berbeda antara satu unit dengan unit lainnya.

Pelek Ferrari J50 – dok.Carscoops

Bodywork-nya dibuat khusus dengan laburan warna serba hitam. Tamppilan eksterior menggunaan finishing Nero Daytona, dan bagian interiornya dibalut lembaran kulit Alcantara yang juga berkelir hitam.

Senada dengan bodi dan interior, J50 menggunakan pelek Grigio Corsa lima palang. Dimana masing-masing palang berbentuk seperti hiruf “Y” dan disepuh warna abu-abu dengan penutup pelek berlambang logo khas pabrikan yakni gambar kuda jingkrak hitam berlatar belakang warna kuning.

Tampilan belakang Ferrari J50 – dok.Carscoops

Jok khas Ferrari (bucket seat) berkelir hitam dengan jahitan benang warna putih,pada sandaran kepala dihias bordiran kuda jingkrak warna putih. Di bawah hoiasan itu tertulis J50, dimana huruf J menggunakan kelir merah dan angka 50 menggunakan warna putih.

Kini, sang pemilik membuka lelang dengan harga penawaran 398 juta yen atau sekitar Rp 51.616.620.000 (kurs 1 yen = Rp 129,69). (Din/Aa)